Kamis, 26 Mei 2011


Jumlah pengguna internet di Indonesia dari tahun ke tahun semakin bertambah. Menurut informasi dariInternetworldstats.com, data tanggal 31 Maret 2009 menunjukkan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia menduduki peringkat kelima setelah Cina, Jepang, India, dan Korea Selatan. Dalam situs ini disebutkan jumlah penguna internet di Indonesia telah mencapai angka 25.000.000 orang. Padahal di tahun 2000, situs yang sama mencatat jumlah pengguna internet di Indonesia baru 2.000.000 pengguna saja. Tentunya fakta ini telah menunjukkan bahwa jumlah pengguna internet terus bertambah dan memiliki kecenderungan untuk semakin bertambah. Terlebih lagi dengan terbitnya regulasi pemerintah pada Mei 2008 yang berisi penurunan tarif sewa jaringan hingga 71% yang berakibat pada penurunan tarif internet sebanyak 10-11%.
Seiring dengan pertumbuhan jumlah pengguna internet, bisnis yang dijalankan via internet pun semakin berkembang. Perubahan perilaku para konsumen juga memberikan peluang lebih bagi perkembangan bisnis online. Sebab pada tahun 2008 diperkirakan lebih dari tiga puluh juta orang menggunakan internet untuk mencari informasi sebelum membeli produk tertentu. Hal ini membuktikan bahwa perilaku konsumen telah berubah dari konsumen yang pasif menjadi konsumen yang aktif mencari, menilai, dan membandingkan sebuah produk sebelum melakukan transaksi.
Selain itu, tren berbelanja secara online juga semakin diminati terutama untuk kota-kota yang sibuk dan padat. Berbelanja secara online menjadi alternatif mungkin ketika konsumen memiliki keterbatasan waktu untuk berbelanja secara konvensional karena rutinitas kerja. Berbelanja secara online juga menghemat energi, sebab mereka tak perlu pergi menjelajah dari satu toko ke toko lainnya.
Dukungan bagi berkembangnya bisnis online juga muncul dari sistem pembayaran online yang terkenal yaitu Paypal.com. Sistem ini memudahkan para pengguna di Indonesia untuk melakukan penarikan uang via bank di Indonesia sejak awal tahun 2008. Dengan demikian, proses transaksi e-Commerce akan menjadi lebih mudah dan cepat dilakukan. Nah, beberapa alasan inilah yang juga memberi angin segar bagi berkembangnya bisnis yang dijalankan secara online

0 Comments:

Post a Comment