Minggu, 08 Juni 2014
1.
Buka Blender dan hapus objek kubus yang ada pada
3D area.
Gambar 1Tampilan Jendela Awal
2.
Tambahkan UV-Sphere. Cara menambahkan UV-Sphere
yaitu Add >> Mesh >> UV-Sphere
Sehingga tampak seperti pada berikut
Gambar 2 Hasil penambahan UV-Sphere
3.
Ganti nilai Segments
menjadi 16 kemudian ubah bentuk dari UV-Sphere dengan menggunakan
Scale pada jendela bagian kiri. Dan ganti nilai Z menjadi 2
Gambar
3
Mengganti nilai segmen
Gambar 4 Scale,
Mengganti nilai Z
4.
Pindah ke Edit Mode dengan menekan Tab key.
Kemudian tekan A key untuk men- deselect verteks.
Gambar 5 Tab, dan
Deselect objek
5. Select
dua ruas dari UV-Sphere
Gambar 6 Seleksi dua ruas atas UV-Sphere
6. (Membuat Leher)
Dengan
area yang terseleksi lakukan Extrude dengan menekan E key, Kemudian
rotate permukaan dengan cara menekan R key dan gerakkan mouse sesuai dengan
perubahan rotasi yang diinginkan
Gambar 7 Extrude
ruas terseleksi
Gambar 8 Rotate ruas
terseleksi
Lakukan
hingga berbentuk seperti leher penguin
Gambar 9
Bentuk leher Penguin
7. (Membuat Moncong)
Untuk bagian moncong, select bagian tengah dari
lingkaran dan tarik dengan cara menekan G key.
Gambar 10
Seleksi titik tengah lingkaran
Gambar 11
Tarik titik tengah
8. (Membuat Sayap)
Select
beberapa segment dari bagian kanan, sebelum memodifikasi sayap lakukan Mirror untuk
memudahkan pemodelan dan simetris. Pada tab Modifier, tekan panah pada Add
Modifier dan pilih Mirror. Centang axis X, Merge, Clipping, da Vertex
Groups
Gambar 12 Seleksi bagian sayap
Gambar 13
Setting Mirror
Extrude
daerah bagian terseleksi,
Gambar 14 Hasil extrude daerah terseleksi
Select
bagian bawah ,kemudian extrude.
Gambar 15 Seleksi bagian bawah sayap
Gambar
16 Hasil
extrude bagian bawah sayap
Select bagian bawah node kemudian merge at
center
Gambar 17
Seleksi dan Merge at center
Gambar 18
Hasil merge sayap bawah
9. (Membuat Kaki)
Select
dua ruas dari bagian bawah Sphere kemudian delete (tekan X key -> Vertices
-> Enter)
.
Gambar 19
Seleksi dua ruas bagian bawah
Gambar 20
Hapus dan Seleksi tepi
Kemudian tutup dengan select bagian tepi dan tekan Alt Key + F
Gambar 21
Tutup bagian yang berlubang
Select dua buah face yang akan dibuat bagian kaki, lakukan
extrude terhadap sumbu Y pada face yang telah dipilih sebelumnya, kemudian Merge
titik ujung dari kaki.
Gambar 22
Hasil akhir kaki
9. (Membuat Ekor)
Select
bagian belakang dari penguin, kemudian
extrude.
Gambar 23 Hasil akhir Ekor
10. Hasil Akhir Pinguin
;;
Subscribe to:
Postingan (Atom)